Hati-hati Makanan Paling Haram Gentayangan Jelang Lebaran

Masih seputar haram halal, menghadapi musim lebaran yang sebentar lagi akan tiba saya akan mencoba mengkaji tentang makanan paling haram. Namun kali ini saya tak akan memakai latar bahsul masail ataupun majelis tarjih seperti di topik sebelumnya, karena terbukti telah banyak menuai protes dari banyak orang dewasa

Sudah jamak kita alami, menjelang idul fitri suasana pasar baik tradisional maupun modern sangat padat dengan aktivitas jual beli. Sayangnya beberapa pedagang memanfaatkan moment tersebut dengan perilaku buruk, yakni menyisipkan daging babi ditengah tumpukan daging sapi. Kalaupun daging sapi atau kambing biasanya hasil gelonggongan, yakni daging hasil binatang yang dipaksa minum demi mencapai bobot yang lebih. Ada juga daging tiren. Tahukah anda daging tiren? Ialah daging hasil hewan (biasanya jenis unggas) yang mati kemarin alias bangkai. Jika sudah begitu jatuhnya haram bukan.

Tak sengaja makan memang tak akan mengubah status hukum makanan menjadi haram, artinya anda tetap bebas dosa. Tapi sifat keharaman itu yang menyebabkan tubuh akan bereaksi negatif, misal: mual, cacingan, stroke, hingga investasi kanker untuk beberapa tahun mendatang.

Jadi hati-hati memilih daging dipasar, teliti dengan cermat sebelum membeli, dari warna, aroma, kekenyalan, sampai struktur. Jangan sampai anda malah apes mendapati makanan yang paling haram sekalipun. Apakah itu? Yakni daging bangkai babi yang mati akibat digelonggong kemudian disembelih tanpa menyebut nama tuhan.

note :

Untuk memudahkan calon pembeli mengenali daging sapi glonggongan ciri-ciri di antaranya daging glonggongan memiliki tekstur yang lembek atau berair, warna daging merah pucat, dan bau daging tidak khas (anyir). Selain itu, daging glonggongan cepat membusuk karena tingkat keasaman (PH) mencapai 6,8 dan banyak mengelurkan air saat disayat.

Ciri-ciri ayam tiren adalah bekas sembelihan di leher terlihat rata, warna kulit ayam lebam kebiruan dan terlihat gumpalan darah di urat nadi.

Ciri-ciri daging babi bisa anda lihat di sana.

Kartun dari http://kaliaja.com

NB :
Update dari komentar yang masuk (warna merah adalah tambahan):
Makanan yang paling haram adalah daging bangkai babi hasil curian yang mati akibat digelonggong, kemudian disembelih tanpa menyebut nama tuhan, lantas dimakan saat puasa.
(Visited 5 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

caknov